by

Tips Mencuci Pakaian Hingga Mainan Anak-anak Agar Terhindar dari Virus Corona

Sejak mewabahnya virus Corona atau Covid 19, menjaga kebersihan adalah salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah penyebaran virus ini ke tubuh kita. Bukan hanya rajin mencuci tangan saja, melainkan pakaian, perabot rumah tangga, hingga mainan anak-anak pun juga harus diperhatikan kebersihannya.

Virus Corona atau dengan nama lain Covid 19 merupakan jenis virus baru yang belum ditemukan vaksin pencegahannya. Virus ini sangat cepat menularannya hingga menjadi isu kritis hingga saat ini. Berbagai negara gencar melakukan serangkaian upaya untuk mencegah dan meminimalisir penularan virus Corona.

Setiap orang sebenarnya bisa melakukan langkah antisipasi agar penyebaran virus Corona tidak bertambah banyak, misalnya saja dengan selalu menjaga kebersihan pakaian, perabot, hingga barang-barang yang sering disentuh tangan. Dalam sebuah studi menyimpulkan bahwasanya virus Corona dapat menempel di pakaian seseorang sehingga penggunanya bisa beresiko tertular virus dari orang lain.

Selain pakaian, virus Corona juga bisa hinggap dan menempel di benda-benda lain bahkan di mainan anak sekalipun. Sehingga sangat disarankan untuk selalu menjaga kebersihan dengan rajin mencuci pakaian, benda, hingga perabot rumah tangga yang rawan terkena paparan virus. Agar pakaian hingga barang-barang yang Anda gunakan sehari-hari jauh dari paparan virus Corona. Berikut beberapa tips mencuci pakaian hingga maianan anak-anak agar terhindar dari virus Corona Covid 19:

Tips Mencuci Pakaian untuk Anak

1. Gunakan Air Panas

Dalam sebuah penelitian virus Corona dapat melemah apabila terkena suhu panas. Dalam hal ini Anda bisa menggunakan air panas untuk mencuci pakaian terutama yang dikenakan saat beraktivitas diluar ruangan. Air panas dengan suhu 26 derajat celcius atau sekitar 80 derajat fahrenheit dalam melemahkan dan membunuh virus Corona yang hinggap di lapisan pakaian. Namun, karena suhunya cukup tinggi sebaiknya perhatikan jenis pakaian yang akan dicuci agar tidak merusak bahan dan warna dari pakaian Anda.

2. Hindari Merendam Pakaian

Kebiasaan merendam pakaian sebaiknya mulai ditinggalkan. Dimana dalam sebuah studi menyebutkan jika virus Corona dapat hinggap di lapisan pakaian yang Anda kenakan. Jika pakaian yang Anda kenakan tidak langsung dicuci atau hanya direndam tanpa diberikan cairan disinfektan atau deterjen. Dikuatirkan penyebaran virus Corona dapat timbul akibat pakaian yang Anda kenakan. Sebaiknya, langsung cuci pakaian Anda terutama untuk pakaian-pakaian yang dikenakan saat beraktivitas diluar ruangan.

3. Gunakan Deterjen yang Mengandung Pemutih

Seperti yang dilansir dari laman Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), virus Corona atau Covid 19 merupakan sejenis virus baru yang memiliki selubung dengan lapisan lemak (Enveloped Virus). Virus ini tidak akan hilang saat dicuci dengan air biasa saja. Disarankan untuk menggunakan sabun pencuci pakaian atau deterjen yang mengandung pemutih. Dimana bahan aktif yang terkandung di dalam deterjen pemutih mampu melemahkan dan merusak lapisan lemak pada virus Corona ini.

4. Cuci Secara Rutin

Jika biasanya Anda baru mencuci setelah pakaian menumpuk, maka sebaiknya hindari kebiasaan yang satu ini. Pakaian yang telah dikenakan harus langsung dicuci dengan sabun atau deterjen kemudian dibilas dengan air mengalir. Jika memungkinkan, Anda bisa menggunakan air panas agar virus yang menempal di lapisan pakaian yang Anda kenakan bisa melemah dan mati.

Jangan biasakan menggantung atau menumpuk pakaian yang telah digunakan untuk aktivitas diluar ruangan. Karena bisa jadi pakaian yang Anda gunakan membawa virus dari luar yang bisa masuk ke dalam rumah dan mengenai anggota keluarga lain. Cuci secara rutin pakaian-pakaian yang habis digunakan.

5. Sebaiknya Gunakan Mesin Cuci

Meskipun mencuci pakaian dengan tangan tetap diperbolehkan. Namun disarankan untuk menggunakan mesin cuci. Mencuci dengan mesin ternyata lebih praktis dan efektif untuk mencegah virus Corona. Dimana tangan tidak bersentuhan secara langsung dengan pakaian yang setelah digunakan. Agar tangan tetap steril, Anda bisa menggunakan sarung tangan atau pembungkus plastik agar tangan tidak menyentuh pakaian secara langsung.

6. Gunakan Pengering Pakaian

Selain disarankan untuk mencuci pakaian dengan mesin, Anda juga disarankan untuk menggunakan pengering pakaian. Dimana mengeringkan pakaian dengan mesin cuci ternyata lebih efektif untuk menghindari paparan virus Corona dari luar ruangan. Namun jika Anda tidak memiliki mesin cuci  atau pengering pakaian. Menjemur pakaian di bawah terik matahari masih bisa dilakukan. Sebaiknya, jemur pakaian Anda di tempat yang jauh dari paparan virus Corona.

7. Pisahkan dari Pakaian Orang Sakit

Jika dalam satu rumah ada keluarga yang sakit, sebaiknya pisahkan pakaian mereka dengan pakaian Anda pada waktu mencucinya. Orang yang sakit atau berusia lanjut akan lebih beresiko terhadap virus Corona dibanding orang dalam keadaan yang sehat dan baik-baik saja. Selain itu, pakaian yang yang sakit juga berpotensi dilekati virus, seperti influenza, E-coli, Staph, hingga virus terbaru seperti Covid 19.

8. Gunakan Disinfektan Untuk Membersihkan Perabot Rumah Tangga

Selain rutin mencuci pakaian yang habis dikenakan, Anda juga disarankan untuk lebih rajin membersihkan perabot rumah tangga. Sebuat penelitian yang diterbitkan pada New England Journal of Medicine mengatakan bahwa virus Corona Covid 19 mampu hidup dan bertahan hingga 4 jam di perabot berbahan logam. Dimana bahan tersebut sangat lekat dalam kehidupan Anda sehari-hari. Bahkan ada banyak barang dan perabot rumah tangga yang dilapisi logam sehingga beresiko terpapar virus Corona.

Untuk mematikan penyebaran virus Corona melalui barang dan perabot rumah tangga, Anda bisa rutin menggunakan atau menyemperotkan cairan disinfektan ke bagian-bagian perabot di rumah Anda. Jika cairan disinfektan sulit ditemukan, Anda bisa membuat cairan disinfektan sendiri dengan produk pembersih lantai, seperti Wipol, SOS, Bebek Kamar Mandi, Dettol, dan lainnya. Jika produk pembersih tersebut memiliki sifat korosif terhadap logam. Anda bisa membersihkan dengan kain basag setelah 10 menit.

9. Cuci Mainan Anak Secara Rutin

Selain perabot rumah tangga, mainan anak juga beresiko terpapar virus Corona. Dimana anak-anak yang biasanya berlain diluar ruangan atau dengan teman sebayanya kemungkinan membawa paparan virus Corona yang bisa menular dari mainan-mainan yang mereka gunakan. Sebaiknya, tetap jaga kebersihan dengan mencuci mainan anak setelah digunakan bermain. Hal ini bertujuan agar anak tetap terhindar dari penyebaran virus Corona yang bisa menjangkit siapa saja.

10. Cuci Langsung Barang-Barang yang Digunakan Untuk Aktivitas Diluar Ruangan

Barang-barang yang Anda gunakan juga bisa terpapar virus Corona. Untuk menghindari penularan virus, sebaiknya cuci secara langsung barang-barang yang Anda gunakan setelah digunakan untuk aktivitas diluar ruangan, misalnya saja seperti sepatu, tas, dan barang-barang lainnya. Jika tidak memungkinkan untuk dicuci. Anda bisa menggunakan cairan disinfektan untuk membunuh virus Corona.

Meskipun kasus Corona belum berakhir, namun dengan tindakan antisipasi dini maka penyebaran virus ini bisa diminimalisir. Anda bisa melakukan tips mencuci pakaian hingga mainan anak-anak agar terhindar dari virus Corona (Covid 19).

News Feed