Tanda-tanda Anda Butuh Konsultasi Psikologi

Gaya Hidup69 views

Konsultasi psikologi merupakan kegiatan antara dua pihak yang dilakukan oleh konselor dan pasien yang berlangsung untuk mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan kejiwaan. Konsultasi psikologi merupakan tindakan diagnostik yang dilakukan oleh konselor dan pasien untuk menilai kesehatan mental, keadaan pikiran, dan kejiwaan pasien. Pada konsultasi ini, psikolog akan membuat rencana pengobatan yang sesuai dengan keadaan pasien berdasarkan rangkaian tes yang telah dilakukan.

Permasalahan yang umumnya dialami atau dikeluhkan dalam proses konseling adalah mengenai suatu hubungan, kejadian yang dapat memberikan dampak depresif, atau mendapatkan tekanan dari orang lain.

Seseorang membutuhkan konsultasi psikologi jika mengalami masalah yang cukup berat bagi dirinya, apalagi sampai tidak tahu apa yang harus dilakukan sehingga membutuhkan seorang psikolog yang ahli dalam masalah kejiwaan. Jika kondisi ini terus dibiarkan akan memicu kondisi depresif yang semakin berat.

Apa bedanya psikolog dan psikiater?

Banyak orang yang masih belum bisa membedakan psikolog dan psikiater meski keduanya adalah profesi yang berbeda. Secara garis besar, psikiater adalah dokter spesialis kejiwaan sedangkan psikolog bukanlah dokter. Keduanya sama-sama bisa mengatasi kondisi kejiwaan, namun dalam spektrum yang berbeda.

Psikiater melakukan perawatan dengan menggabungkan peresepan obat-obatan dengan terapi lainnya. Sementara itu, psikolog tidak bisa meresepkan obat. Perawatan yang dilakukan psikolog adalah psikoterapi, dimana pada perawatan tersebut akan dilakukan intervensi perilaku dan kognitif, sehingga mengubah cara pandang seseorang dalam menghadapi masalahnya.

Umumnya, pasien yang ditangani oleh psikiater adalah yang memiliki kondisi kejiwaan yang kompleks, sehingga membutuhkan intervensi obat bersamaan dengan terapi psikologis dan sosial. Contoh kondisi kompleks yang dimaksud antara lain adalah depresi parah, skizofrenia, dan bipolar.

Sementara itu, psikolog akan menangani pasien-pasien yang kondisi kejiwaannya masih bisa diperbaiki dengan terapi psikologis semata, seperti gangguan perilaku, gangguan belajar, depresi, dan gangguan kecemasan.

Persiapan sebelum melakukan konsultasi psikologi

Sebelum memutuskan untuk melakukan konseling, Anda juga perlu mempersiapkan diri untuk bertemu psikolog supaya bisa memaksimalkan sesi konseling yang tersedia. Berikut hal-hal yang perlu ada siapkan.

  • Tentukan tujuan utama
  • Ceritakan emosi yang Anda rasakan
  • Siapkan diri untuk membuka luka atau emosi
  • Jadwalkan sesi konseling ketika Anda tidak ada kegiatan yang mendesak
  • Kenali jenis terapi yang Anda lakukan
  • Perhitungkan budget.

Manfaat konsultasi psikologi

Berikut manfaat yang bisa didapat melalui konsultasi psikologi, di antaranya:

  • Membantu memahami atau mengubah perspektif Anda terhadap masalah yang sedang dihadapi
  • Psikolog merupakan sosok yang netral sehingga tidak memiliki tujuan pribadi atas masalah yang Anda hadapi
  • Dapat memberikan saran
  • Membantu mengatasi emosi yang Anda rasakan, seperti perasaan sedih, cemas, takut, kecewa, dan traumatis.
  • Membantu dalam penyelesaian masalah dan dapat memberi solusi
  • Meluruskan permasalahan hubungan Anda dengan orang lain
  • Membantu mengatasi gangguan mental, seperti depresi, gangguan kecemasan, bipolar, atau skizofrenia.