by

Tahapan-tahapan Pembuatan Personal Letter dalam Bahasa Inggris

Namanya tulisan ini memang di era digital sangat banyak macam-macamnya. Selain itu, jenis tulisan ini juga dikelompokkan sesuatu dengan kebutuhan dan kemudahan dalam proses pembuatannya. Salah satu jenis tulisan yang mungkin sebagian sudah familiar dan sebagian tidak adalah personal letter.

Jenis tulisan satu ini memang secara bahasa adalah surat pribadi tetapi makna sejatinya lebih dari itu. Untuk proses pembuatan jenis tulisan ini juga tidaklah mudah dan ada tahapan-tahapan tertentu yang harus kamu lakukan.

Pengertian

Secara bahasa, personal letter sebagaimana disebutkan di atas adalah surat pribadi. Tetapi pengertian secara istilah dari personal letter ini lebih kepada surat yang disampaikan kepada orang tertentu untuk tujuan tertentu juga.

Terkait tujuannya tentu setiap orang berbeda-beda tetapi kebanyakan jenis surat ini digunakan untuk permintaan maaf pada seseorang, bentuk permohonan izin dan juga dengan tujuan lainnya.

Tahapan Personal Letter

Untuk proses pembuatan dari surat satu ini tentu tidak boleh sembarangan dan harus melalui berbagai tahapan di dalamnya. Untuk tahapannya tentu sama dengan surat lainnya yaitu perlu adanya alamat dari yang dituju. Selain itu, kamu juga tidak boleh lupa dengan tanggal pada saat surat itu ditulis.

Di tahapan selanjutnya, kamu juga menuliskan salution atau lebih dikenal dengan salam pembuka. Untuk salam pembuka ini tentu bisa bermacaam-macam misalnya dear, Hallo atau yang lainnya dan diikuti dengan nama orang yang dituju.

Selain salam pembuka juga harus ada yang namanya introduction dimana juga ada beberapa bentuknya. Biasanya kamu bisa memberikan komentar dari surat sebelumnya jika memang ada surat yang masuk kepada kamu dari orang tersebut. tetapi untuk surat baru kamu bisa memulainya dengan memberikan kabar terbaru atau kondisi kamu saat ini.

Selain itu di tahapan selanjutnya bisa berupa isi surat atau kalimat inti yang akan kamu sampaikan. Bentuk isi surat ini tentu setiap berbeda-beda tergantung tujuan dari penulisan surat tersebut. Jika tujuan untuk meminta maaf maka kamu bisa menyebutkan dengan memberi tahu akan kesalahannya di masa lalu. Jika memang kamu di posisi yang benar, kamu bisa menyebutkan beberapa bukti atau hal lainnya.

Di tahapan selanjutnya yang harus ada dalam surat tersebut adalah closing atau kalimat penutup. Untuk kalimatnya tentu berbeda-beda tetapi pada intinya memberi tahu bahwa surat tersebut sudah selesai dibuat. Untuk lebih baiknya kamu bisa menutup dengan kalimat positif dimana meminta dengan sopan untuk di balas surat kirimannya tersebut.

Setelah kamu membuat kalimat closing, ada juga ditahapan terakhir yaitu greeting and signature. Bentuk tulisan seperti ini tentu sering dijumpai di beberapa bentuk tulisan selain menggunakan personal letter.

Untuk bentuk tulisan dari greeting for closing ini biasanya berupa best regards, yours, dan juga bentuk tulisan lainnya. Sedangkan untuk signature itu berupa tanda tangan kamu dan juga nama lengkap.

Itulah beberapa tahapan untuk menulis personal letter yang perlu kamu pahami. Semua tahapan ini tidak boleh diloncat ataupun di bolak-balik, sehingga semua ini harus berurutan sesuai dengan yang disampaikan di artikel ini. Untuk lebih mudahnya, kamu bisa melihat contoh personal letter di link tersebut.

Jadi pada intinya personal letter ini berupa surat pribadi kepada seseorang untuk mengabarkan atau dengan tujuan tertentu. Untuk tahapannya memang dimulai dari alamat hingga kata penutup seperti halnya surat-surat biasa.

News Feed