by

Rahasia Menghadapi Pemain dengan Tipe Pendorong dalam Tenis Meja

-Olahraga-17 views

Ada banyak tipe atau karakter pemain di permainan tenis meja yang mau tidak mau memang harus dihadapi. Salah satunya adalah pemain yang memiliki tipe pendorong atau biasa disebut dengan pusher. Tidak sedikit pemain yang menyatakan sulitnya menghadapi pemain seperti ini terlebih bagi mereka yang teknik permainannya sendiri belum matang. Padahal, secara teknik yang bisa Anda lakukan adalah dengan menyerang secara bertubi tubi. Hanya saja, untuk bisa membuatnya menyerang Anda harus belajar teknik secara mendalam.

Biasanya, pemain pendorong menggunakan teknik backspin sehingga cukup berat jika dilawan. Adapun yang menjadi ciri khasnya adalah ia akan menjaga bola agar selalu berada dekat net sehingga memang sangat sulit untuk diserang. Jika pun harus menyerang, maka teknik flick bisa digunakan namun sekali lagi Anda harus menguasainya dengan baik.

Mengapa ada tipe pemain seperti ini? Salah satu alasannya adalah agar Anda menjadi frustasi dengan aneka bola backspin yang diberikan. Bisa dikatakan pemain ini sangat jarang sekali menyerang meski bola sudah dalam posisi tinggi dan lebih melakukan backspin.

Akibatnya mudah ditebak, lawan akan merasa frustasi terlebih bagi mereka yang belum mahir dengan teknik serangan alias nyangkut di net. Lantas, apa yang harus dilakukan untuk menghadapi pemain dengan tipe pendorong tersebut?

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghadapi pemain dengan tipe seperti pendorong dalam satu permainan tenis meja yaitu :

Melakukan serangan topspin

Biasanya, pemain dengan tipe pendorong menyukai reki backspin dikarenakan bola yang mereka lemparkan. Jika sudah dalam kondisi seperti ini, ada baiknya untuk tidak terpancing sehingga membuat Anda nantinya akan melakukan pukulan dorongan. Dengan keahliannya, bukan tidak mungkin Anda akan diajak untuk mengikuti gaya permainannya yang sangat besar kemungkinan Anda akan kalah.

Menyerang dengan flick

Umumnya, pemain tipe pendorong menggunakan servis backspin pendek dengan tujuan agar bola mendarat di depan net. Namun, jika Anda menguasai teknik backhand flick dengan baik maka Anda bisa mengubah putaran yang tadinya backspin menjadi topspin. Nah, serangan inilah nantinya yang membuat pemain pendorong merasa frustasi sehingga membuatnya tidak nyaman.

Satu lagi yang perlu Anda ketahui adalah pemain pendorong tidak kuat jika permainan dalam rally topspin karena memang keahlian mereka adalah rally backspin. Jika dilakukan dengan benar maka pemain ini akan menyerah dan merasa frustasi.

Menggunakan servis topspin

Kelebihan dari tipe pemain ini adalah mereka kurang mahir saat menyerang bola sehingga Anda bisa mengambil peluang dari kondisi ini. Caranya adalah dengan memberikan servis topspin dimana nantinya ia akan menyerang atau tetap melakukan dorongan. Namun, jika mengambil posisi menyerang maka besar kemungkinan ia akan kalah karena memang ini bukan tipenya. Sebaliknya, jika ia melakukan dorongan bola secara topspin maka akan membuat bola mendapatkan lambungan yang tinggi dan kondisi ini akan membuatnya mudah diserang.

Demikianlah penjelasan tentang bagaimana trik atau cara untuk melawan pemain yang memiliki karakter pendorong. Tujuannya adalah agar Anda tidak mengikuti gaya permainan mereka namun justru menyerang balik. Hanya saja, Anda harus benar benar menguasai teknik untuk melawan dengan tepat dan akurat karena memang dibutuhkan kemampuan yang mumpuni.

Adapun salah satu teknik yang harus dikuasai adalah serangan topspin baik itu backhand maupun forehand. Yuk, mulai sekarang Anda melatih teknik dengan konsisten dan disiplin agar kemenangan bisa diraih saat permainan tenis meja berlangsung.