by

Pentingnya Memahami Trimester Kehamilan bagi Bumil, Paling Utama soal Perkembangan Janin

Trimester kehamilan menjadi usia rawan bagi wanita dalam menjalani proses hamil. Jadi, penting bagi pasangan suami istri untuk memperkaya informasi berkaitan dengan kehamilan. Salah satunya tentang periode kehamilan atau trimester kehamilan. 

Masa trimester kehamilan adalah saat yang rentan bagi sang buah hati. Perlu ketelitian dan pengetahuan tentang informasi seputar kehamilan, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan bagi calon ibu maupun janinnya.

Pada umumnya, kehamilan berlangsung sekitar 40 minggu terhitung sejak hari pertama masa haid normal terakhir. Periode 40 minggu itu dibagi menjadi tiga periode. Itulah yang dikenal sebagai trimester kehamilan. Setiap trimester berlangsung antara 12 dan 14 minggu, atau sekitar 3 bulan.

Trimester Kehamilan Pertama (0-13 minggu)

Trimester kehamilan pertama terhitung sejak usia kehamilan 1 minggu sampai 13 minggu. Perhitungan hari pertama kehamilan sudah dimulai pada hari pertama haid terakhir. Sejak saat itu sampai hari menstruasi yang terakhir, Anda sudah terhitung satu minggu hamil. Periode ini adalah priode terpenting untuk perkembangan janin.

1. Perubahan Tubuh Ibu di Trimester Pertama Kehamilan

Dalam trimester ini, struktur tubuh sedang mengalami perombakan fungsi untuk mempersiapkan tumbuh kembang janin. Peningkatan hormon kehamilan HCG akan memengaruhi hampir setiap organ dalam tubuh, dampaknya terjadi perubahan besar pada tubuh ibu yang kerap menimbulkan berbagai gejala, seperti mual-mual, muntah, mudah lelah serta emosional, sering berkemih, dan nyeri pada payudara. Meski demikian, kondisi tiap ibu bisa berbeda-beda.

2. Perkembangan Janin Pada Trimester Pertama Kehamilan

Pada hari pertama hamil yang juga hari pertama menstruasi terakhir, belum ada janin di dalam rahim. Pembuahan yang menciptakan cikal bakal janin baru akan terjadi sekitar 10 hingga 14 hari setelahnya. Seiring waktu, janin baru mulai terbentuk perlahan.

Trimester Kehamilan Kedua (14-27 minggu)

Trimester kedua diawali usia kehamilan 14 minggu hingga 27 minggu. Di trimester kedua ini adalah momen yang paling nyaman bagi sebagian besar calon ibu. Pasalnya, tubuh sudah berhasil menyesuaikan diri dengan perubahan besar yang terjadi selama 3 bulan sebelumnya.

1. Perubahan Tubuh Ibu di Trimester Kedua Kehamilan

Dalam trimester kehamilan ini, banyak gejala tak nyaman dari trimester pertama yang hilang. Ibu sudah jarang atau tak pernah lagi mual-mual. Tidur juga lebih nyaman dan tak mudah lelah. Tapi ada beberapa gejala baru yang mungkin mengganggu, misalnya sakit punggung dan perut serta kram kaki. Sudah mulai terasa ada pergerakan janin.

2. Perkembangan Janin di Trimester Kedua

Hampir seluruh organ janin diharapkan sudah berkembang sempurna pada trimester kehamilan kedua ini. Janin juga mulai dapat mendengar dan menelan makanan sehat ibu hamil yang masuk ke perut. Selain itu, sudah mulai tumbuh rambut-rambut kecil di tubuh janin yang biasa disebut lanugo.

Trimester Kehamilan Ketiga (28-40 minggu)

Trimester kehamilan ketiga umumnya berlangsung dari awal minggu ke-28 kehamilan sampai minggu 40.

Di akhir masa kehamilan ini, tidak jarang banyak calon ibu yang mulai mengalami kontraksi palsu. Munculnya rasa cemas menjelang melahirkan juga termasuk wajar dan banyak dialami oleh calon ibu.

1. Perubahan Tubuh Ibu di Trimester Ketiga

Menjelang hari-H persalinan, perut akan semakin membesar sehingga keluhan pegal-pegal dan susah tidur juga umum dirasakan. Umumnya leher rahim ibu hamil juga akan meregang jadi lebih tipis dan lebih lembut semakin dekat dengan tanggal kelahiran bayi. Ini bertujuan untuk membuka jalur keluar bayi selama proses persalinan. Ada beberapa gejala yang mungkin terjadi, seperti susah tidur, sesak napas, wasir, dan varises.

2. Perkembangan Janin Trimester Ketiga

Pada trimester kehamilan ketiga, tepatnya di minggu ke-32, tulang dan kerangka badan janin sudah terbentuk sempurna. Janin di dalam kandungan pun sudah bisa membuka dan menutup mata, serta merasakan cahaya dari luar perut ibu.

Di akhir usia kehamilan 37 minggu, umumnya semua organ tubuh janin sudah bisa berfungsi dengan baik secara mandiri. Berat akhir janin idealnya mencapai sekitar 3 kg atau lebih, dan panjang badan janin mencapai 50 cm. untuk mengetahui informasi selanjutnya kamu juga bisa dengan download aplikasi kehamilan.