by

Mengulik Sejarah RS Hermania Kemayoran Bersama SehatQ

Sejarang memang sangat penting untuk kita kenang, karena dengan adanya sejarah kita bisa belajar dari masalalu dan juga bisa di jadikan sebuah motivasi agar bisa lebih baik lagi, maka dari itu jangan pernah kita melukan sejarah. Apalagi Negara kita sangat kental akan sejarahnya. Begitu pula dengan RS Hermania Kemayoran juga memiliki sejarah yang ada di dalamnya.

Mari bersama-sama kita cari tahu tentang sejarah yang ada di RS Hermania Kemayoran yang berada di Jakarta Pusat tepatnya di daerah Kemayoran. Berikut adalah ulasan lengkapnya mengenai sejarah dari rumah sakit Hermania Kemayoran tersebut.

Sejarah RS Hermania Kemayoran Jakarta Pusat

Rumah sakait ini awal mulanya berdiri pada tahun 1996, yang berada di lokasi yang sangat strategis di kawasan binis Jakarta Pusat tepatnya di Kemayoran yang dinilai sebagai tempat pusat bisnis di Jakarta Pusat. Layanan yang ada di rumah sakit ini adalah layanan bersalin, kardiologi, dan juga pediatrik.

Layanan bersalin yang sangat professional ini dan sangat berkulaitas, sehingga rumah sakit ini telah menjadi sebuah pilihan perawatan dari ibu dan anak dan menjadi sebuah fasilitas yang menarik dari sehatq.com. perawatan ibu dan anak untuk masyarakat sekitar daerah Jakarta Pusat khususnya di area sekita Kemayoran. Fasilitas yang ada lainnya seperti adanya kamar tidur atau tempat tidur dengan 125 tempat, serta dengan produk Cath Lab dan juga Hemodialisa.

Penderian rumah sakit ini yang awalnya berkegiatan dengan mendirikan sebuah rumah sakit juga di daerah Jakarta Timur tepatnya di Jalan raya Jatinegara Barat No. 126 yaitu pada tahun 1985. Rumah sakit tersebut di namakan dengan rumah sakit bersalin (RSB) Hermania.

Pada masa itu, rumah sakit Hermania pertama kali memiliki nama yaitu Rumah Bersalin Djatinegara, yang di lengkapi dengan 7 tempat tidur, saat itu didirikan atas prakarsa dari Ibu Hermania Sulaiman yang di rancanag pada tahun 1967 silam.

Pada tahun 1970, dr. Budiono Wibowo telah bekerja sama dengan Ibu Hermania Sulaiman, dr. Budiono Wibowo adalah seorang dokter spesialis kebidanan serta kandungan. Tujuan dari jalinan kerja sama tersebut adalah untuk mengembangkan sebuah fasilitas pelayanan yang tadinya hanyan 7 tempat tidur dan berkembang menjadi 13 tempat tidur. Bukan hanya itu rumah sakit tersebut juga mengubah namanya yang tadinya bernama Rumah Sakit Djatinegara dan diganti menjadi Rumas Sakit Hermania. Dan kemudian sebagai bentuk pengembangan yang nyata dari rumah sakit bersalin ini, di tahun 1983 dibuatlah sebuah yayasan yang di berinama Yayasan Hermania.

Kemudian yayasan ini juga mengajukan sebuah izin untuk mendirikan sebuah rumah sakit juga. Sehingga pada tanggal 25 bulan April tahun 1985, didirikanlah sebuah rumah sakit di yayasan tersebut dengan nama Rumah Sakit Bersalin Hermania, dan sudah mendapatkan izin resmi juga pada saat itu.

Di tahun 1991 juga telah di lakukan sejumlah peluasan lahan untuk rumah sakit tersebut, sampai pada akhirnya perkembangan rumah sakit juga mulai meluas nama juga berganti lagi yaitu Rumah Sakit Ibu dan Anak Hermania Djatinegara. Sampai pada akhir tahun 2017 lalu, rumah sakit Hermania sudah memiliki 28 rumah sakit dengan jenis atau kategori rumah sakit umum atau RSU yang telah ada di 17 kota di Indonesia.

Total RSU yang telah memiliki tipe B ada 6 (enam) sedangkan sisanya memiliki tipe C. dan memiliki total tempat tidur sebanyak 2.780 tempat tidur. Serta saat ini terdapat 25 rumah sakit Hermania yang telah mendapatakan akreditasi KARS dan dengan kategori Paripurna.

Saat ini juga RS Hermania Kemayoran telah bekerja sama dengan sehatq.com sebagai sebuah fasilitas yang ada di aplikasi website tersebut. Sehingga sangat memudahkan orang-orang untuk mencari tahu informasi tentang RS Hermania tersebut.

News Feed