by

Mengenal Patung: Bentuk, Jenis-jenis dan Fungsinya

-Bisnis-12 views

Sudah sejak ribuan tahun yang lalu, manusia sudah akrab dengan benda yang menyerupai makhluk hidup atau biasa disebut dengan patung. Patung sangat mudah Kita jumpai di tempat-tempat seperti museum, gereja, bahkan di taman atau tempat umum dan tempat lainnya.

Sebagai sebuah karya seni yang sudah bertahan lama dan dari waktu ke waktu mengalami perubahan dan perkembangan, patung telah memiliki bentuk dan jenis patung yang sangat beragam. Oleh karena itu, dalam artikel Kita akan membahas bentuk dan jenis patung yang pernah dibuat oleh para seniman, terlebih Indonesia. Nah, sebelum membahas patung, ada baiknya Kita mengulas terlebih dahulu pengertian dari patung.

Pengertian Patung

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI edisi kelima, patung adalah sebuah benda yang diciptakan dan dipahat secara sengaja untuk meniru bentuk makhluk hidup di sekitar seperti manusia maupun hewan. Sedangkan, Mikke Susanto memiliki pendapat bahwa patung adalah sebuah hasil karya tiga dimensi yang diciptakan dengan menggunakan teknik mengurangi bahan atau dibuat modelnya terlebih dulu untuk selanjutnya dilakukan teknik cetak atau biasa disebut dengan teknik cor.

Bentuk Patung di Indonesia

Dalam buku Antropologi karya Puji Lestari yang diterbitkan Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional pada tahun 2009, seni patung memiliki dua jenis bentuk yang paling sering terlihat yaitu bentuk tradisional dan bentuk modern yang di buat oleh pengrajin patung. Berikut ini adalah penjelasan bentuk patung yang perlu Kamu ketahui, di antaranya adalah:

1. Bentuk Tradisional

Patung dengan bentuk tradisional dapat Kita temukan pada hasil karya patung dari Nusantara. Sebagian besar masyarakat di Bali telah membuat patung sejak lama, hal itu dikarenakan kehidupan masyarakat Bali tidak banyak mengalami perubahan dalam hal kepercayaan yang mayoritas beragama Hindu.

Bentuk dari seni patung tradisional di Bali mulai mengalami perkembangan sejak tahun 1940-an. Karya-karya patung yang dirintis oleh I Nyoman Tjokot dibina secara langsung oleh R. Bonner, dan Walter Spied. Bentuk patung yang dibuat biasanya bertema Mahabarata dan Ramayana. Selain tema tersebut, ada juga patung dengan tema keagamaan seperti penggambaran surga dan neraka.

2. Bentuk Modern

Patung dengan bentuk modern biasanya memiliki kecenderungan menjadi patung yang lebih figuratif. Patung figuratif biasanya juga disebut patung potret yang menggambarkan sosok manusia tertentu. Oleh karena itu, patung modern mayoritas berbentuk menyerupai manusia atau hanya menampilkan setengah dada sampai kepalanya saja.

Jenis Patung Berdasarkan Fungsinya

Setiap seniman patung memiliki maksud tersendiri ketika membuat patung, hal itulah yang membuat fungsi pada patung pun sangat beragam. Sebagai sebuah karya seni, semakin banyak jenis patung maka akan semakin membuat seni patung menjadi berkembang. Namun, ada juga patung yang dibuat dikarenakan fungsi sebagai patung itu sendiri.

Beragamnya maksud seniman patung tentu secara otomatis mempengaruhi bentuk dan jenis patungnya. Oleh karena itu, dalam artikel akan dijelaskan fungsi yang paling sering digunakan seniman dalam membuat patung. Nah, berikut ini akan dijelaskan lebih lanjut tentang jenis patung berdasarkan fungsinya. di antaranya adalah:

1. Patung Religi

Salah satu patung yang paling banyak dibuat oleh para seniman patung adalah patung dengan fungsi religiusitas. Patung religi ini umumnya digunakan untuk memenuhi keperluan agama seperti pemujaan atau peribadatan. Patung jenis ini memiliki makna untuk meningkatkan religiusitas bagi para pemeluk agama tertentu. Patung religi digunakan agar pemuja atau pemeluk agama merasa lebih dekat dengan tuhan atau dewanya, oleh karena itu, pemujaan atau peribadatan biasanya dilakukan di sekitar patung religi tersebut.

Patung Hiasan

Patung selanjutnya yang cukup mudah ditemukan adalah patung hiasan. Patung hiasan merupakan jenis patung yang memiliki fungsi untuk memberikan kesan indah di suatu tempat atau mempercantik halaman pada rumah bagi setiap orang yang melihatnya. Oleh karena itu, patung jenis ini biasanya berada di tempat berkumpulnya orang banyak, misalnya seperti di dalam ruangan atau luar ruangan.

Nah, untuk kamu yang ingin pesan patung sesuai dengan keinginan kamu, kamu bisa mengunjungi langsung senimanpatungdibali.com karena di sini merupakan seniman patung yang berasal dari Bali. Selain patung, terdapat juga monument dan berbagai kebutuhan interior maupun eksterior yang bisa di buat sesuai dengan permintaan anda.