Mendukung UMKM Go Digital, Begini Cara Tepat Menerapkannya!

Bisnis12 views

Trend UMKM go digital sudah gencar-gencarnya dilakukan oleh para pelaku bisnis di tanah air. Mendukung UMKM go digital ini dilakukan karena teknologi sekarang sudah perkembang dengan pesat. Memanfaatkannya akan membuat bisnis yang anda jalankan menjadi lebih efisien dan cepat.

Anda bahkan bisa menjangkau konsumen lebih luas hingga menghemat biaya operasional yang perlu dikeluarkan. Dengan banyaknya manfaat tersebut, tentu tidak ada alasan lagi untuk menunda-nunda go digital pada UMKM. Lantas, bagaimana cara yang tepat menerapkannya? Yuk simak.

Tujuan dan Keuntungan UMKM Go Digital

UMKM go digital adalah gebrakan untuk mengajak para pelaku bisnis kecil menengah untuk memanfaatkan berbagai jenis platform digital. Baik dalam hal proses transaksi jual beli maupun pemasaran produk.

Dengan masyarakat yang semakin melek dengan teknologi, sejauh ini sudah banyak UMKM yang bergabung ke berbagai platform digital. Tujuannya yaitu untuk meningkatkan gerakan nasional bangga buatan dalam negeri.

Ketika UMKM masuk ke dalam platform digital, maka akan semakin banyak pula orang yang bisa mengenal tentang produk-produk buatan Indonesia. Selain itu, tujuan lainnya yaitu meningkatkan transaksi dengan memanfaatkan digitalisasi. Dimana ada banyak jenis platform digital yang bisa dipakai, seperti website, toko online, sampai media sosial.

Untuk keuntungannya sendiri, mendukung UMKM go digital akan membantu dalam memperluas pangsa pasar. Tidak hanya menjangkau konsumen yang merupakan warga sekitar, namun anda juga dapat menjangkau hingga seluruh daerah Indonesia.

Sehingga efisiensi pemasaran bisa semakin meningkat, begitu pula dengan efisiensi produksi barang dan jasa yang menjadi lebih efektif serta efisien. Kemudian yang paling penting, semua ini tidak membutuhkan biaya besar. Karena anda bisa beriklan secara gratis di media sosial, bahkan iklan berbayarnya pun termasuk sangat terjangkau.

Cara UMKM Go Digital

1. Manfaatkan Media Sosial

Cara UMKM go digital yang paling mudah adalah dengan memanfaatkan media sosial. Karena hampir semua orang saat ini setidaknya sudah memiliki satu akun media sosial. Jadi anda bisa menjangkau para konsumen lewat media sosial tersebut.

Silakan buat akun media sosial sesuai bisnis anda, misalnya Instagram dan TikTok cocok untuk usaha yang menjual produk visual seperti tas, sepatu, pakaian, dan sejenisnya. Setelah membuat akun, anda bisa membuat konten yang menarik untuk menggaet audiens.

Konten yang dibuat tidak melulu mengajak membeli, tapi bisa juga konten edukasi yang masih relevan dengan bisnis. Jadi audiens bisa merasa bahwa konten anda berguna, ini akan meningkatkan engagement. Tentunya anda juga tidak boleh lupa promosikan produk secara teratur untuk meningkatkan pembelian.

2. Gunakan Platform eCommerce

Selain memanfaatkan media sosial, mendukung UMKM go digital juga bisa dengan menggunakan platform eCommerce. Saat ini sudah tersedia berbagai macam platform eCommerce seperti Shopee, Tokopedia, TikTok Shop, Bukalapak, Blibli, Lazada, dan lain sebagainya untuk menjual produk secara online.

Pilih salah satu platform atau bisa juga dua, kemudian unggah foto produk dan anda pun sudah bisa mulai berjualan online. Tapi jangan lupa tambahkan deskripsi produk yang jelas supaya konsumen memahami produk apa yang anda jual. Anda juga sebaiknya menambahkan informasi tentang bisnis seperti alamat dan kontak, jadi pelanggan bisa dengan mudah menghubungi.

3. Buat Website Toko Online

Jika punya budget, anda bahkan bisa membuat website toko online sendiri. Memiliki website sendiri seperti ini dapat meningkatkan kredibilitas dari bisnis anda. Selain itu, anda bisa mengelola toko online dengan lebih leluasa sesuai keinginan.

Dalam hal ini, ada banyak platform yang bisa dimanfaatkan untuk membuat website, seperti WooCommerce, WordPress, atau Shopify. Masing-masing memiliki kelebihan serta kekurangannya sendiri yang bisa anda jadikan pertimbangan. Kemudian anda bisa membeli nama domain untuk membuat toko online terlihat lebih eksklusif.

4. Membuat Email dan Google Maps

Cara mendukung UMKM go digital berikutnya yaitu dengan membuat email dan Google Maps untuk toko anda. Fungsi email khusus bisnis adalah sebagai media komunikasi resmi dengan konsumen. Anda juga bisa menggunakan akun email tersebut untuk berkomunikasi dengan supplier dan lain sebagainya yang terkait bisnis.

Sementara itu, mengunggah alamat toko di Google Maps akan memberikan sejumlah keuntungan. Ketika konsumen melihat alamat toko anda tercantum di Google Maps, maka mereka bisa dengan mudah menemukannya. Ini juga dapat meningkatkan kredibilitas toko anda di mata konsumen.

5. Gunakan Aplikasi Pembayaran Online

Membayar secara tunai sudah dianggap ketinggalan zaman oleh beberapa orang. Kini masyarakat lebih nyaman menggunakan pembayaran online yang cashless karena praktis. Untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut, bisnis bisa menggunakan aplikasi pembayaran online. Misalnya dengan memanfaatkan layanan dompet digital, QRIS, debit, dan lain sebagainya. 

Yuk, coba mendukung UMKM go digital dengan beberapa cara di atas. Meski digitalisasi ini dibayang-bayangi oleh ancaman siber, UMKM sekarang bisa lebih proaktif dengan adanya layanan security edge dari Indosat dan Cisco. Layanan ini mampu meningkatkan keamanan bisnis digital sehingga anda tidak perlu khawatir lagi.