Pasti walaupun hanya sekali Anda pernah mendengar seputar jasa press release bukan? Namun jika diminta untuk menyebutkan berbagai contohnya, tentu Anda belum begitu paham terkait dengan hal tersebut. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mempelajari serba-serbi press release secara lebih lanjut yang akan dibahas berikut ini.
Secara sederhana, press release sendiri dijadikan sebagai media penyampai informasi tentang sebuah perusahaan. Umumnya, pihak perusahaan mengandalkan kolom iklan di koran sebagai media penyampai informasi yang berkaitan dengan sebuah perusahaan. Namun, seiring dengan perkembangan zaman maka strategi penyampaian informasi dengan press release sudah mulai digunakan oleh sejumlah perusahaan.
Dengan begitu, pihak perusahaan dapat dengan mudah menyampaikan berbagai informasi penting terkait dengan perusahaan kepada khalayak. Tidak hanya itu, berbagai tawaran menarik dan juga promosi perusahaan juga bisa disampaikan melalui adanya press release yang diterbitkan oleh perusahaan.
Mengetahui Berbagai Jenis Press Release yang Ada
Terdapat beberapa jenis press release yang kerap dipilih oleh pihak perusahaan ketika hendak menyampaikan informasi perusahaan. Berikut beberapa jenis press release yang banyak digunakan di masa sekarang.
-
General News
Jenis press release yang paling umum dan banyak digunakan adalah model general news. Jenis press release ini lebih menekankan pada berita terkait dengan peristiwa yang dialami. Contohnya ketika sebuah perusahaan mendapatkan penghargaan maka akan ada press release yang dibuat untuk menyampaikan berita terkait dengan penghargaan yang diperoleh tersebut.
-
Launch Release
Di jasa press release biasanya jenis press release ini berkaitan dengan peluncuran perusahaan, produk, atau situs yang baru pertama kali dilepas di pasaran. Meski demikian, formatnya masih serupa dengan jenis general news namun lebih menekankan pada hal yang akan datang. Oleh karena itu, jenis press release ini berkaitan dengan sesuatu hal yang baru.
-
Event Press Release
Jenis press release ini sendiri menekankan pada event yang sedang terjadi. Press release ini akan menyajikan berbagai informasi terkait dengan event yang terjadi di suatu tempat. Meski demikian, jenis press release ini tidak selalu harus terikat dengan unsur 5W+1H.
-
Product Press Release
Jenis press release ini hampir serupa dengan model sebelumnya. Hal yang membedakan terletak pada penyertaan spesifikasi dari produk yang diumumkan kepada khalayak. Hal ini yang membuat press release ini jauh lebih lengkap dibandingkan sebelumnya.
-
Executive, Staff, dan Employee Press Release
Biasanya perusahaan akan memilih jenis press release ini ketika hendak mengumumkan perekrutan karyawan baru perusahaan, apalagi bagi karyawan yang berada pada posisi penting di perusahaan tersebut. Contohnya adalah ketika ada perekrutan direktur atau komisaris baru perusahaan.
-
Expert Position Press Release
Biasanya jenis press release ini lebih menekankan pada penjelasan tentang seseorang. Press release ini akan menyediakan informasi terkait dengan kemampuan seseorang. Kelak, press release ini akan digunakan untuk rujukan bagi perusahaan ketika membutuhkan jasa dari orang tersebut.
Bagaimana, tanpa perlu menggunakan jasa press release yang ada tentunya Anda sudah mengetahui beberapa jenis dari press release yang bisa Anda jadikan sebagai acuan dalam membuatnya bukan? Tentu, dengan gambaran tersebut Anda sedikit banyak tahu tentang model atau jenis press release seperti apa yang hendak Anda buat untuk mulai merintis perusahaan Anda. dengan begitu Anda bisa meminimalisir budget untuk memesannya ke pihak yang menyediakan pembuatan press release.