by

Melihat Megahnya Masjid Terbesar di Indonesia

-Masjid-34 views

Indonesia merupakan Negara dengan mayoritas muslim terbesar di dunia. Tidak heran apabila, anda bisa menemukan banyak masjid disini dengan deretan jam digital masjid yang sangat indah-indah. Tak hanya itu saja, anda juga bisa menjumpai masjid dengan arsitektur yang sangat cantik dan indah disini. Seperti yang telah kita ketahui, hamper di setiap kawasan di Indonesia, anda bisa menemukan masjid dengan mudah. Selain itu, anda juga bisa menemukan masjid terbesar dan termegah di Indonesia.

Jika anda penasaran apa saja masjid yang berukuran besar dan megah di Indonesia, anda bisa langsung menyimak ulasan di bawah ini. Dan masjid yang ada di bawah ini juga dipengaruhi oleh budaya asing yang berasal dari India, China dan Arab.

Masjid Al-Akbar di Surabaya

Masih ada lagi salah satu masjid terbesar dan termegah di Indonesia, tepatnya berada di Surabaya. Anda bisa menemukan masjid megah bernama Al-Akbar. Masjid ini sendiri sudah dibangun sejak 1995 silam oleh Presiden KH Abdurrahman Wahid. Untuk peresmiannya pada tahun 2000.

Adapun keunikan yang bisa anda jumpai ketika melihat kemegahan dari masjid ini yakni dari desain arsitektur yang unik dan menarik. Masjid ini juga mempunyai 4 kubah kecil yang terlihat seperti daun berwarna tosca. Bagi anda yang tertarik untuk melihat kota Surabaya dari atas ketinggian maka anda bisa naik ke menara masjid dengan menggunakan lift. Menara masjid itu sendiri memiliki ketinggian 99 meter.

Masjid Kubah Emas Dian Al Mahri di Depok

Masjid Dian Al Mahri ini juga dikenal dengan sebutan masjid kubah emas. Hal ini bukan tanpa sebab karena anda akan menemukan kubah berwarna emas yang membuat masjid ini tampak sangat megah. Uniknya, kubah tersebut ternyata juga dilapisi dengan emas setebal 3 mm dengan mozaik Kristal.

Masjid ini bisa menampung Jemaah sekitar 20 ribu. Tentu sudah bisa anda bayangkan bagaimana kemegahannya bukan. Disini, anda juga bisa melihat 1 kubah utama yang dilengkapi dengan 4 kubah kecil. Bahkan beberapa kaligrafi unik juga bisa anda temukan disini. Masjid ini sendiri meniru gaya arsitektur bangunan yang berasal dari timur tengah.

Masjid An Nur di Pekanbaru

Karena keindahan yang dimiliki oleh masjid ini, banyak orang yang menjadikan masjid ini sebagai destinasi wisata religi yang wajib ada ketika sedang mengunjungi Pekanbaru. Nah, masjid ini sendiri sudah dibangun sejak tahun 1963 hingga 1968.
Jika dilihat sekilas dari sudut tertentu, maka masjid ini akan terlihat seperti Taj Mahal yang ada di India. Untuk arsitektur masjid ini sendiri dirancang oleh Ir Suseno dengan meniru gaya Melayu. Arab, India dan Turki. Sedangkan, masjid ini memiliki 3 lantai. Adapun beberapa fasilitas menarik yang dimiliki oleh masjid ini yakni seperti adanya TK, SD, SMP, aula dan masih banyak lagi.

Masjid Raya Baiturrahman di NAD

Jika anda ingin melihat salah satu situs bersejarah yang masih bertahan hingga saat ini di Aceh maka cobalah untuk menyambangi Masjid Raya Baiturrahman. Masjid ini sendiri juga menjadi salah satu masjid terbesar dan termegah di Indonesia. Sedangkan untuk pembangunan masjid ini sendiri sudah dimulai sejak tahun 1973 pada masa Kesultanan Aceh.
Menurut sejarah, masjid ini ternyata juga pernah dibakar oleh Belanda di tahun 1973. Hal inilah yang memicu kemarahan masyarakat aceh dan akhirnya kembali membangun masjid.
Arsitektur dari masjid ini sendiri diprakarsai oleh de Bruchi dengan gaya Moghul atau india. Selain itu, masjid ini juga sudah beberapa kali mengalami perluasan.