by

Mau Ganti Lampu Bohlam ke Lampu LED? Ketahui Dampaknya di Sini!

-Otomatif-126 views

Sumber: seva.id

Seiring dengan perkembangan zaman, piranti lampu mobil pun akan bergeser dari bohlam ke LED. Kini mobil keluaran sekarang ini sudah banyak yang menggunakan lampu LED. Untuk kamu yang mempunyai mobil produksi lama yang masih menggunakan lampu bohlam dan belum LED, ternyata bisa mengganti lampu tersebut menjadi lampu LED.

Tapi sebelum kamu menggunakan lampu LED, ada baiknya kamu mengetahui beberapa aturan lampu utama mobil dengan peraturan Pemerintah Pasal 24 ayat 1 Nomor 55 2012, yang artinya bahwa pencahayaan lampu utama dan jauh harus memenuhi persyaratan seperti:

  1. Mempunyai dua buah lampu
  2. Dipasang di depan Kendaraan
  3. Digunakan dengan ketinggian tidak lebih dari 1 meter dari jalanan serta tidak melebihi 4 meter dari bagian luar Kendaraan
  4. Dapat mengeluarkan cahaya lampu paling sedikit empat puluh meter ke jalanan.

Lampu LED sudah dikembangkan di awal tahun 2004. Sekarang teknologi lampu LED sudah banyak digunakan di mobil-mobil saat ini. Lampu LED diartikan lebih simple dari segi kelistrikan dan mempunyai umur pakai lebih lama serta sinar warnanya yang lebih baik.

Led

Sumber: seva.id

Cahaya dari lampu LED memiliki warna yang hampir sama dengan sinar matahari ketika siang hari. LED mempunyai cahaya 5.600 Kelvin. Tidak hanya itu, untuk pencahayaan lampu LED dalam kondisi gelap gulita bisa mencapai lebih dari 140 meter dan kondisi cahaya lebih dari 250 meter. Sekarang sudah ada beberapa merk lampu LED seperti Phillips dan Osram yang membuat lampu LED mobil. Mereka mengklaim bahwa produk buatannya bisa mempunyai usia pakai lebih dari 10 ribu jam. Sedangkan untuk lampu bohlam bisa memiliki usia hidup hanya 1 ribu jam.

Saat ini ada banyak perusahaan otomotif di dunia sudah bisa leluasa untuk menciptakan sebuah lampu adaptif, dimana cahaya lampu bisa dikontrol dengan otomatis agar bisa mendukung pengemudi dalam kondisi gelap tanpa merugikan pengendara lain.

Hal ini tentu memiliki resiko yaitu jika 1 lampu mengalami kerusakan maka kamu wajib mengganti semuanya, tidak hanya 1 saja tapi 2 lampu. Itu pun jika lampu LED bawaan, lalu bagaimana jika kamu mengganti lampu bohlam menjadi lampu LED? Lalu, apa untung dan ruginya dalam menggunakan lampu LED?

LED MOBIL

Sumber: seva.id

Penggunaan LED digunakan untuk mengganti lampu bohlam pada mobil yang akan memberikan beberapa keuntungan, yaitu:

  • Daya listrik hanya setengah dari lampu bohlam.
  • Harga lebih murah dari lampu bohlam original.
  • Warnanya lebih bagus, sehingga akan menambah penglihatan dan jarak pandang si pengendara.
  • Tidak harus memodifikasi mika saat menggunakan lampu LED seperti pemasangan lampu HID.

Lampu

Sumber: seva.id

Tapi tetap ada juga sedikit kekurangan dari lampu LED, seperti:

  • Karet penutup mika belakang lampu tidak bisa digunakan lagi atau bisa dipasang dengan cara memperbesar ukuran lubang di karet penutup.
  • Lampu LED ini sudah dibekali dengan sebuah kipas untuk mendinginkan suhu, jika lampu menyala di lihat dari luar mobil akan terdengar suara kipasnya.
  • Disaat hujan, penerangan lampu LED dianggap kurang bagus karena cahaya bohlamnya H4 yang masih standar.
  • Cahaya begitu terang dari arah berlawanan karena mika lampu utama masih besar.

Seva

Sumber: seva.id

Nah, sebelum kamu mengganti lampu standar menjadi LED, sebaiknya pertimbangkan dulu apakah untung dan ruginya dalam menggunakan lampu LED. Ciri lampu LED ini memiliki warna kekuningan dan putih, jadi kamu suka lampu yang mana?. Baca juga Ini Bos Baru Royal Enfield Di India.

News Feed