Mau diet? Inilah 10 Makanan Berprotein Tinggi yang Cocok untuk Menurunkan Berat Badan

Gaya Hidup16 views

Protein merupakan salah satu zat gizi yang diperlukan oleh tubuh. Protein digunakan sebagai zat pembangun tubuh untuk mengganti dan memelihara sel para tubuh yang ruksak, reproduksi, mencerna makanan, dan kelangsungan proses normal lainnya.

Berdasarkan table AKG (Angka Kecukupan Gizi), yang termasuk ke dalam kelompok umur 17-60 tahun dianjurkan untuk mengonsumsi sekitar 56-66 gr protein per harinya. Sebagai zat gizi makro, maka sangat penting untuk mendapatkan asupan protein pada tubuh.

Lalu, apa saja makanan berprotein tinggi? Simak ulasannya dibawah ini.

Telur

Makanan berprotein tinggi yang pertama yaitu telur. Makanan ini sudah sangat familiar dan sudah ada banyak olahannya. Selain kaya protein, telur ini juga memiliki kandungan vitamin, mineral, lemak, dan antioksidan yang baik untuk kebutuhan tubuh dan nutrisi untuk otak. Kandungan protein dalam telur mencapai 6 gr dan 78 kalori. Kandungan protein lebih banyak ada di dalam putih telur dibandingkan dengan kuning telur.

Kacang Almond

Kacang ini memiliki kandungan protein sekitar 6 gram per 1 ons. Selain protein, kacang almond juga memiliki kandungan serat, vitamin E, magnesium, dan juga mangan.

Dada Ayam

Daging ayam bagian dada merupakan salah satu makanan berprotein tinggi dan rendah lemak yang mudah didapatkan dan bisa diolah menjadi berbagai jenis hidangan. Pasalnya, dalam 100 gr dada ayam matang mengandung 31 gr protein.

Selain itu, daging ayam juga mengandung vitamin B, kolin, dan selenium. Namun, usahakan untuk memilih daging ayam tanpa kulit.

Daging Sapi

Usahakan memilih daging sapi tanpa lemak, seperti bagian sirloin dan panggul sapi yang memiliki kandungan protein jauh lebih tinggi. Selain menjadi sumber protein, daging sapi juga mengandung vitamin B dan berbagai jenis mineral, seperti zat besi, selenium, dan fosfor, yang penting untuk tubuh.

Yogurt

Yoghurt merupakan makanan berprotein tinggi. Sekitar 170 gr penyajian yoghurt mengandung 17 gr protein dan 100 kalori.

Selain kaya gizi, rasanya yang lezat serta teksturnya yang lembut membuat makanan satu ini menjadi banyak favorit.

Susu

Minuman produk sapi ini mengandung banyak zat gizi tunggal yang dibutuhkan oleh manusia karena sarat kalsium, fosfor, dan vitamin B2. Secangkir susu dengan lemak 1% mengandung 8 gr protein dan 103 kalori.

Cumi-cumi

Makanan laut dikenal tinggi protein juga. Salah satu yang populer adalah cumi-cumi. Cumi-cumi biasanya mengandung protein sebesar 25 gram per 3 oz prosi.

Ikan Nila

Ikan nila memiliki protein sebesar 21 gram per 3 oz prosi. Ikan air tawar ini biasanya disajikan dengan dibakar dan menjadi salah satu santapan ikan air tawar tinggi protein yang paling diminati.

Kerang

Kerang juga menjadi salah satu seafood yang kaya akan kandungan protein. Jenis-jenis kerang seperti oyster, clam, scallops adalah sumber protein yang baik dengan jumlah protein sekitar 21.8 gr setiap 85 gr kerang.

Brokoli

Jika mencari sumber protein nabati yang tinggi, maka brokoli adalah jawabannya. Di dalam sayuran hijau yang satu ini, terdapat 2,5 gr protein per 100 gr. Tidak hanya memberikan nutrisi protein yang sangat penting untuk tubuh, brokoli juga memiliki kandungan lainnya, seperti serta vitamin C, vitamin K dan kalium.