by

Jenis Asuransi yang Wajib Dimiliki Saat Musim Hujan

Asuransi di Indonesia menjadi salah satu yang kurang diperhatikan. Padahal, ada banyak manfaat asuransi yang bisa didapatkan mulai dari pengalihan risiko hingga mengurangi kerugian finansial jika mengalami hal yang tidak terduga.

Dalam kondisi demikian ketika tidak punya asuransi otomatis beberapa orang mengandalkan pinjaman uang dari keluarga. Padahal jika sudah memiliki asuransi akan menjadi lebih tenang karena jika terjadi kerusakan atau kerugian, akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Nah, berikut ini adalah beberapa jenis asuransi yang wajib dimiliki saat musim hujan untuk mengantisipasi beberapa kejadian tidak terduga.

  1. Asuransi Kesehatan Keluarga

Buat yang belum tahu, asuransi keluarga adalah produk asuransi yang memberikan perlindungan seluruh anggota keluarga dengan membayar satu polis saja. Produk ini lebih terjangkau dibandingkan dengan mendaftarkan masing-masing anggota keluarga sehingga pembayaran preminya jadi berlipat ganda.

Premi ini sangat dibutuhkan keluarga untuk mengantisipasi beberapa penyakit yang umumnya selalu muncul saat musim hujan seperti demam berdarah, muntaber, diare, ISPA, dan sebagainya.

  1. Asuransi Kendaraan

Memiliki kendaraan bukan hanya harus memiliki garasi untuk tempat menyimpannya dengan aman, melainkan juga wajib memiliki asuransi kendaraan. Asuransi kendaraan inilah yang akan memberikan perlindungan terhadap berbagai risiko yang mungkin terjadi.

Beberapa risiko yang dihadapi bisa saja karena kelalaian diri sendiri atau karena kelalaian orang lain. Bahkan ada beberapa jaminan perluasan seperti proteksi dari peristiwa huru-hara, kerusuhan hingga bencana alam seperti banjir bandang, gunung meletus, tsunami, kebakaran dan juga lainnya.

  1. Asuransi Mikro

Asuransi mikro ini bisanya bisa dibeli secara online sehingga lebih memudahkan calon nasabah yang ingin mendapatkan proteksi. Kelebihannya, tidak ada proses pemeriksaan dengan langkah yang mudah dan sederhana.

Beberapa produk asuransi mikro seperti asuransi demam berdarah, asuransi tipus, asuransi kecelakaan, hingga asuransi khusus lainnya. Preminya pun bisanya hanya premi tunggal yang artinya dibayarkan sekali dalam satu periode perlindungan selama satu tahun.

  1. Asuransi Kecelakaan

Bagi seorang pekerja apalagi seorang kepala rumah tangga wajib memiliki asuransi kecelakaan. Jaminan sosial yang memberikan proteksi dari kecelakaan misalnya seperti BPJS Ketenagakerjaan khususnya para pekerja formal yang berada di bawah naungan perusahaan atau disebut juga penerima upah.

Asuransi ini akan memberikan perlindungan berupa penggantian biaya perawatan dengan plafon tertentu dan santunan kematian jika kecelakaan mengakibatkan tertanggung meninggal dunia.

  1. Siapkan Juga Dana Darurat

Selain wajib memiliki beberapa jenis asuransi tersebut saat musim hujan, kita juga perlu menyiapkan dana darurat untuk kondisi tertentu yang belum bisa diperkirakan. Lalu berapa dana darurat yang harus disiapkan? Menurut beberapa pakar keuangan idealnya dana darurat bisa mencukupi kebutuhan pokok selama 6 bulan ke depan. Artinya jika tidak ada pemasukan dalam kurun waktu tertentu, dana darurat inilan yang bisa diandalkan sementara waktu.

Lalu pertanyaan lain, bolehkah jika tidak memiliki dana darurat lalu mengandalkan pinjaman uang. Jawabannya tentu boleh selama kondisinya memang mendesak seperti dana untuk pengobatan di rumah sakit. Namun, itupun harus mempertimbangkan bunga, biaya admin dan juga fleksibilitas pinjaman uang.

Selain itu, pinjaman uang juga idealnya tidak lebih dari sepertiga pendapatan bulanan. Sehingga setelah digunakan, bisa dikembalikan sesuai dengan kemampuan finansial. Nah, salah satu fintech yang menyediakan pinjaman uang tepercaya seperti Kredivo.

Kredivo sudah terdaftar secara resmi di OJK dengan nama PT FinAccel Digital Indonesia dengan nomor registrasi S-236 / NB.213 / 2018. Jadi, pastikan fintech yang dipilih sudah terdaftar dan diawasi secara ketat oleh OJK.

Kredivo memiliki dua pinjaman online yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan yaitu pinjaman mini dan pinjaman jumbo. Perbedaan keduanya hanya terletak pada plafon yang diberikan. Untuk pinjaman mini plafon pinjaman minimal Rp500 ribu dan maksimal Rp1 juta. Sementara pinjaman jumbo minimal Rp1 juta dan maksimal sesuai dengan kredit limit yang didapatkan.

Bunga pinjaman Kredivo sebesar 2.95 persen dengan pilihan tenor mulai dari 30 hari, 3 dan 6 bulan. Malah untuk belanja dengan pembayaran kredit digital seperti Kredivo, tenor bisa lebih panjang hingga 12 bulan.

Kredivo dapat juga digunakan layaknya seperti kartu kredit digital untuk berbelanja di beberapa marketplace terkemuka seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Blibli, dan sebagainya. Kredit limit yang diberikan bisa mencapai Rp30 juta per nasabah.

Nah, jika tertarik dengan kemudahan yang diberikan Kredivo, unduh aplikasinya lewat Google Play Store dan App Store, kemudian daftarkan diri kamu secara mudah, bisa online kapan saja.

News Feed