by

Ini Dia! 6 Manfaat Jeruk yang Kaya Akan Nutrisi

Bisa dibilang, jeruk merupakan salah satu jenis buah yang paling terkenal di dunia. Soalnya, hampir setiap orang familiar dengan buah yang satu ini. Sebagai contoh, kita semua pasti sudah sama-sama mengetahui bahwa jeruk menjadi salah satu buah dengan sumber vitamin C yang tinggi. Nah, selain memiliki warna orange yang memukau serta rasa yang manis, jeruk juga memiliki nutrisi yang kaya dan baik untuk tubuh kita. Selain itu, di samping memiliki khasiat untuk kesehatan, jeruk pun sering dijadikan sebagai minuman olahan yang dinikmati untuk melepaskan dahaga ketika selesai berolahraga.

Nah, jeruk pun memiliki beberapa fakta unik selain manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Beberapa contohnya seperti fakta bahwa jeruk ialah spesies yang paling besar apabila kita bandingkan dengan buah jenis sitrus lain yang ada di dunia. Selain itu, kita bisa menemukan setidaknya 600 varietas jeruk di berbagai wilayah di dunia. Di samping itu, jeruk yang diolah menjadi jus juga menjadi salah satu jenis minuman yang paling menyehatkan, walaupun jeruk dapat terasa masam, namun pada dasarnya  jeruk akan tetap dicerna oleh tubuh sebagai basa.

Nah, untuk, kandungannya sendiri, jeruk memiliki beragam nutrisi, di antaranya seperti potassium, lemak, gula, thiamin, kalsium, serta vitamin C. Tentunya, kandungan nutrisi tersebut akan memberikan banyak manfaat yang luar biasa bagi tubuh kita. Lantas, apa saja sih manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi jeruk secara teratur? Berikut ini ada penjelasan tentang 6 khasiat jeruk bagi kesehatan kita!

1. Membuat daya tahan tubuh meningkat

Seperti yang kita tahu, vitamin C berperan penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita. Maka dari itu, ketika kita sedang flu maupun dalam keadaan sehat, konsumsi jeruk sangatlah baik untuk meredakan maupun mencegah munculnya gejala dari infeksi flu.

2. Mengurangi risiko kanker

Ketika kita bisa mendapatkan nutrisi jeruk secara teratur, maka kita dapat membantu tubuh kita agar terhindar dari kerusakan sel tubuh. Seperti yang kita tahu, kerusakan sel tersebut dapat muncul dikarenakan adanya radikal bebas. Bahkan, sebuah studi juga menjelaskan bahwa jeruk memiliki kandungan yang berperan penting untuk menurunkan risiko munculnya kanker usus besar.

3. Mengontrol tekanan darah

Bukan hanya vitamin C saja yang terdapat pada jeruk. Soalnya, jeruk juga kaya terhadap nutrisi berupa vitamin B6. Maka dari itu, tidak heran apabila konsumsi jeruk baik untuk memproduksi hemoglobin yang juga akan membuat tekanan darah kita tetap terkontrol.

4. Mengurangi tingkat kolesterol jahat

Sebuah studi juga menunjukkan bahwa buah citrus yang memiliki kandungan polymethoxylated flavones (PMFs) memiliki khasiat untuk menurunkan angka kolesterol yang jahat apalagi, dampaknya juga tidak memberikan efek samping dan terbukti ampuh.

5. Mengontrol kadar gula di dalam darah

Jeruk memiliki kandungan serat yang dapat menjaga kadar gula darah sehingga tetap terjaga. Makanya, jeruk sangat cocok untuk dijadikan sebagai camilan bagi seseorang yang memiliki penyakit diabetes. Adanya kandungan fruktosa pada jeruk akan menstabilkan gula darah serta mencegah gula darah naik tiba-tiba apabila kita sedang mengonsumsi makanan.

6. Memelihara kesehatan mata

Di samping wortel, jeruk ternyata juga mampu memelihara kesehatan indera penglihatan. Hal ini dikarenakan adanya kandungan vitamin A pada jeruk. Makanya, kita perlu mengkonsumsi jeruk secara teratur yang bisa kita dapatkan dengan mudah melalui TaniHub. Platform yang satu ini mempermudah kita untuk belanja sayur dan buah secara online.

News Feed