by

Fungsi Android Emulator

Android kini mampu menghadirkan aplikasi-aplikasi yang sangat canggih. Untuk saat ini, smartphone mampu menyaingi fungsi yang tak jauh berbeda layaknya seperti computer atau PC pada umumnya. Dari bantuan aplikasi-aplikasi tertentu tersebutlah yang membuat smartphone mampu menjalankan tugas, yang mana umumnya dikerjalan oleh sebuah computer.

Seketika itu juga muncul sebuah aplikasi yang menjadikan Android lebih terlihat special, aplikais tersebut bernama Terminal Emulator Android. Canggih bukan? Untuk selanjutnya, sebelum kita membahas lebih mendalam mengenai aplikasi Terminal Emulator Android, kita cari tahu dahulu apa itu Terminal Emulator Android terbaik.

Pengertian Terminal Emulator

Terminal Emulator sebuah aplikasi yang dikhususkan untuk Android yang memiliki fungsi yang tidaklah jauh berbeda dengan Command Prompt (CMD), yang mana sistem tersebut terdapat pada Windows atau Linux.

Kendati  ada suatu hal yang menjadikannya berbeda antara aplikasi Terminal Emulator dengan CMD, hal tersebut ada pada perintah atau juga kode untuk menjalankan aplikasi Emulator di smartphone Android.

Namu, aplikasi Terminal Ermulator cukup terdengar asing bagi para orang yang masih awam. Tapi tidak juga bagi orang sudah mengetahui dan mengenal Android dan Linux. Pasti mereka suudah, mengetahui seputar aplikasi tentang Terminal Ermulator.

Sekarang beralih ke fungsi. Fungsi apa yang akan dihasilkan oleh Terminal Emolator untuk Android? Untuk pembahasan fungsi Terminal Emulator, kamu bisa tetap menyimak ulasan dibawah ini!

Fungsi Canggih Terminal Emulator

Fungsi yang ada pada aplikasi yang satu ini sangat beragam dan keren pula. Kamu ingin tahu apa aja yang dapat bisa dilakukan oleh aplikasi Terminal Emulator ini?

  1. Dapat Mempercepat Koneksi Internet

Fungsi pertama menyebutkan bahwa ada banyak sekali aplikasi Android yang mengklaim bahwa aplikasi mereka dapat membuat sebuah koneksi internet di smartphone kamu menjadi lebih terkendala dan cepat. Dibalik semua itu, tenyata aplikasi Terminal Emulator dapat melakukan hal yang serupa.

Selain dapat mempercepat laju koneksi internet, Terminal Emulator juga dikalim mampu membuat koneksi internet menjadi lebih stabil. Kamu juga dapat melakukan proses perintah, untuk dapat mengetik kode ping 8.8.8.8, kemudian untuk menekan Enter dan biarkan prosesnya berjalan.

  1. Mengecek Status Root Pada Smartphone Android

Fungsi aplikasi Terminal Emulator kedua. Bagi sebagian pengguna Android akan lebih senang jika smartphone yang digunakan mereka sudah dalam keadaan root. Karena hal itu akan membuat para penggunannya dengan mudah memodifikasi tampilan maupun pengaturan pada smartphonenya.

Nah, untuk kegunaan aplikasi Terminal Emulator bisa digunakan untuk dapat mengecek salah satunya dengan meneliti apakah smartphone yang kamu pakai masih dalam keadaan asli bawaan pabrik atau sudah di kustom.

Untuk memakai aplikasi ini, kamu buka aplikasi Terminal Emulator, kemudian untuk dapat mengetik “su” lalu klik “Enter”. Jika smartphone kamu sudah dalam keadaan root, setelah itu akan muncul beberapa saat notifikasi Superuser Request.

  1. Dapat Meng-Eject Flashdisk dari Smartphone Android

Bagian dari fungsi yang ketiga, sebagian besar smartphone sekarang ini sudah memiliki fitur yang dapat memungkinkan penggunanya untuk menghubungkan flashdisknya pada smartphone Android mereka, atau biasa disebut dengan nama USB OTG.

Peran aplikasi Emulator, dapat berguna untuk menjalankan kode perintah yang untuk memutuskan (eject) koneksi flashdisk yang kamu pakai pada smartphone.

  1. Mengetahui Status Swap RAM

Fungsi selanjutnya, Swap RAM bisa dikatan suatu tindakan dimana pengguna smartphone menginginkan kartu SD Card berguna untuk dijadikan sebagai RAM. Melihat itu, biasanya akan dioperasikan langsung oleh beberapa aplikasi yang secara otomatis akan berjalan lagi walaupun sudah ditutup, sehingga RAM menjadi cepat habis.

Jadi, fungsinya dari Terminal Emulator disini untuk mendeteksi apakah proses Swap RAM pada smartphone yang kamu gunakan akan berhasil atau tidak.

  1. Dapat Melakukan Screen Record

Fungsi terarkhir dari aplikasi Terminal Emulator dapat digunakan untuk merekam layar pada aktivitas yang dilakukan oleh smartphone kamu, tanpa harus meng-install aplikasi lain yang khusus untuk perekam layar.

News Feed