by

Cocok untuk Hidangan Pencuci Mulut, Ini Tips Memilih Buah Pepaya yang Nikmat

Berbicara mengenai buah murah meriah tentu tidak bisa terlepas dari namanya buah pepaya. Dimana masyarakat Indonesia sudah sangat familiar sekali dengan jenis buah satu ini. Mempunyai banyak jenis, rasanya manis, dan mudah untuk ditemukan dimana saja. Bahkan pembudidayaannya juga mudah, tidak sedikit pula orang menanam sendiri di pekarangan rumah. Rasanya yang manis menjadikan buah pepaya disukai banyak orang. Namun Anda perlu paham, ternyata tidak semua jenis pepaya mempunyai rasa yang nikmat apalagi ketika Anda salah memilih saat membelinya.

Jenis Pepaya Paling Populer

Di Indonesia dikenal banyak jenis pepaya yang sering dikonsumsi, masing-masing mempunyai kriteria yang berbeda. Nah, bagi Anda yang penasaran seperti apa pepaya paling populer bisa melihat beberapa berikut:

  1. Pepaya Bangkok.

Jenis pertama cukup dikenal luas oleh masyarakat Indonesia, rasanya manis, segar dan ukuran dagingnya tebal membuat disukai banyak orang. Anda akan merasakan manis alami buah dari jenis yang satu ini, teksturnya yang kenyal membuat pepaya Bangkok lebih tahan lama.

  1. Pepaya red lady.

Dibandingkan dengan jenis lainnya pepaya satu ini mempunyai rasa manis yang nikmat dan tidak eneg dimulut. Apalagi warna daging buahnya merah merona sehingga lebih menggoda untuk dijadikan sebagai sajian pencuci mulut.

  1. Pepaya hawai.

Ukurannya yang sangat kecil menjadi salah satu ciri khas, meskipun begitu rasanya segar dan manis. Mempunyai warna kulit yang kuning cerah, bahkan sampai pada bagian dagingnya juga memiliki warna serupa.

  1. Pepaya California.

Sangat familiar dibandingkan dengan jenis lainnya, rasanya segar, manis dan teksturnya cukup lembut. Ukuran buahnya beragam namun lebih mayoritas kecil sehingga pas untuk sekali makan keluarga.

Cara Memilih Pepaya Nikmat

Meskipun sudah memilih jenis atau nama masing-masing, namun tidak sedikit orang yang masih kesulitan membedakan mana pepaya yang nikmat dan tidak. Bahkan hal itu sering membuat ibu rumah tangga salah membeli, tidak jarang menemukan pepaya yang kurang matang, keras dan rasanya hambar sama sekali. Apakah ada jenis pepaya yang seperti itu? Ada banyak, karena Indonesia memilih beragam pepaya. Supaya tidak mengalami hal serupa, ada baiknya pahami beberapa poin penting ketika memilih pepaya berikut ini:

  1. Perhatikan tampilan luarnya.

Ini merupakan hal pertama yang bisa Anda perhatikan ketika memilih pepaya. Jangan terkecoh warna matang padahal didalamnya belum matang. Ada beberapa jenis yang memang mempunyai kulit hijau tua meskipun didalamnya sudah matang sempurna.

  1. Perhatikan tekstur pepaya.

Pilih pepaya dengan tekstur yang lembut tetapi tetap padat, ini artinya sudah matang sempurna. Dengan begitu rasa yang dimiliki juga sempurna, hindari memilih pepaya yang lembek karena bisa jadi sudah terlalu matang dan hampir busuk.

  1. Perhatikan dasar buah pepaya.

Ini menjadi acuan selanjutnya, dimana sadar buah yang kekuningan bisa menjadi pepaya sudah matang. Bila dasarnya masih berwarna kehijauan dapat bertahan beberapa lama atau belum matang.

Sebenarnya bisa saja Anda memilih pepaya yang belum matang sempurna, namun kenikmatan bisa Anda rasakan ketika buah pepaya matang sempurna di pohon. Untuk mendapatkan beragam jenis pepaya yang sudah matang dan berkualitas bisa langsung saja belanja di TaniHub. Aplikasi belanja online yang memberikan berbagai jenis buah, sayur dan kebutuhan lainnya dengan harga murah karena banyak promo. Mengenai kualitas dan keamanan sudah dijamin baik, pelayanan sudah dilakukan di beberapa kota besar, yuk belanja sekarang.

News Feed