by

Cara Mengatasi Whatsapp Kadaluarsa dan Tidak Bisa Dibuka

Di zaman era digital seperti sekarang ini sebagian besar orang sudah menggunakan smartphone untuk mempermudah berbagai macam keperluannya, terutama dalam hal komunikasi. Selain itu, smartphone juga dimanfaatkan untuk mencari informasi, sarana hiburan, main sosial media, bermain game dan yang lainnya. Salah satu aplikasi yang banyak digunakan sebagai sarana komunikasi adalah WhatsApp. Dengan aplikasi ini pengguna dapat mengirim pesan berupa teks, audio atau suara, foto atau gambar, video, dan jenis file dokumen lainya.

Bukan hanya itu saja, pengguna WhatsApp juga dapat melakukan panggilan suara maupun panggilan video (video call) ke pengguna WhatsApp yang lain secara gratis. Sehingga akan mempermudah berkomunikasi dengan teman, saudara dan rekan kerja yang terhalang oleh jarak jauh. Seiring berjalannya waktu WhatsApp selalu menambahkan fitur terbaru dan memperbaiki sistem keamanan dengan tujuan keamanan data penggunanya dapat terlindungi dengan aman. Meskipun begitu, ternyata ada beberapa masalah yang sering kali muncul ketika menggunakan WhatsApp.

Contohnya muncul notifikasi kadaluarsa yang membuat pengguna tidak bisa menggunakan whatsapp seperti biasanya. Karena setiap kali membuka WhatsApp akan diarahkan secara otomatis ke halaman yang berisi notifikasi tersebut. Masalah seperti ini biasanya muncul ketika pengguna masih menggunakan aplikasi WhatsApp versi lama. Bukan hanya itu saja, terkadang ada beberapa pengaturan smartphone yang menyebabkan Whatsapp Kadaluarsa. Oleh karena itu, kamu mengetahui terlebih dahulu penyebab terjadinya Whatsapp Kadaluarsa sehingga tidak dapat digunakan.

Cara Mengatasi Whatsapp kadaluarsa

  1. Atur Tanggal dan Waktu

Dilansir dari situs techkinian, munculnya notifikasi WhatsApp kadaluarsa juga disebabkan karena tanggal dan waktu di smartphone tidak akurat dan tidak sesuai dengan waktu saat ini. Oleh karena itu, kamu perlu merubahnya.

Cara mengubah tanggal kadaluarsa WhatsApp adalah dengan melakukan pengaturan berikut ini:

  • Buka aplikasi Pengaturan atau Setelan smartphone.
  • Kemudian scroll ke bawah, lalu buka menu “Setelan Tambahan”.
  • Selanjutnya buka opsi “Tanggal dan Waktu”.
  • Terakhir aktifkan opsi “Tanggal dan waktu otomatis”.
  • Selesai.

Setelah kamu mengaktifkan pengaturan tanggal dan waktu secara otomatis, maka waktu yang ada di smartphone secara otomatis akan menyesuaikan sendiri sesuai dengan waktu yang disediakan oleh operator seluler yang digunakan. Apabila tidak berhasil juga, coba cek apakah sudah menggunakan WhatsApp versi paling terbaru atau belum. Jika belum, silahkan perbarui terlebih dahulu.

  1. Perbarui WhatsApp

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya kalau WhatsApp versi lama menjadi salah satu penyebab terjadinya WhatsApp kadaluarsa. Jika demikian, kamu harus memperbarui WhatsApp ke versi terbaru. Cara memperbarui WhatsApp yang sudah kadaluarsa dan tidak bisa dibuka adalah sebagai berikut.

Update melalui Playstore

  • Buka Playstore
  • Kemudian cari dan pilih aplikasi whatsapp melalui kolom pencarian.
  • Lalu tekan ikon WhatsApp.
  • Kemudian tekan tombol Update atau Perbarui.
  • Tunggu beberapa saat sampai proses download dan pembaharuan selesai.
  • Selesai, sampai di sini whatsapp yang kamu gunakan sudah versi terbaru dan sudah bisa digunakan sebagaimana mestinya, dan seharusnya sudah tidak akan muncul lagi notifikasi WhatsApp kadaluarsa.

Update Secara manual

Selain melakukan Update WhatsApp lewat Playstore, kamu juga dapat melakukan update melalui situs resmi WhatsApp.

  • Metode ini sebenarnya sedikit lebih ribet, tetapi tidak ada salahnya untuk dicoba.
  • Kamu cukup kunjungi url https://www.whatsapp.com/android/.
  • Kemudian klik tombol Unduh sekarang berwarna hijau untuk mendapatkan file WhatsApp Apk versi terbaru.
  • Setelah file tersebut sudah berhasil kamu download, sekarang lakukan install secara manual. Caranya buka file WhatsApp Apk, lalu tekan Install.
  • Sebaiknya aplikasi WhatsApp yang sudah terinstall jangan dihapus, cukup biarkan saja. Hal ini bertujuan agar kamu tidak perlu melakukan registrasi ulang.
  • Setelah proses install selesai, maka aplikasi WhatsApp yang ada di smartphone sudah menggunakan versi terbaru dan masalah WhatsApp kadaluarsa sudah teratasi.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi WhatsApp yang sudah kadaluarsa dan tidak bisa dibuka. Setelah menerapkan cara di atas diharapkan masalah yang kamu alami dapat teratasi.

News Feed