by

Cara Membuat Nugget Ayam dengan Mudah

Nugget ayam adalah salah satu pangan hasil pengolahan daging ayam yang memiliki cita rasa tertentu, biasanya berwarna kuning keemasan. Saat ini, nugget ayam menjadi salah satu produk olahan daging ayam yang berkembang sangat pesat di pasaran.

Bahan baku nugget adalah potongan daging ayam, tepung-tepungan, dan bumbu-bumbuan. Dalam proses pengolahan di industri, nugget ayam harus melalui beberapa tahapan sebelumnya. Pertama-tama, daging ayam digiling hingga halus. Kemudian, gilingan tersebut dicampur dengan pengemulsi, tepung, bumbu, dan air sehingga menjadi emulsi. Selanjutnya, emulsi yang sudah jadi kemudian diberikan bahan pelapis basah dan pelapis kering. Berikutnya, adonan nugget yang sudah diberikan bahan pelapis ini digoreng, hingga matang. Setelah matang, nugget ayam dibekukan pada suhu sangat rendah hingga beku. Produk akhir kemudian dikemas.

Dalam proses penyimpanannya, makanan ini harus memerlukan perlakuan khusus, yaitu selalu di simpan dalam kondisi beku (frozen). Hal ini karena Chicken Nugget merupakan hasil produk olahan hewani yang masuk dalam kategori mudah rusak oleh mikro organisme.

Resep nugget ayam ini cukup praktis jika anda yang tidak banyak memiliki waktu luang untuk menyiapkan sarapan untuk anak-anak anda. Nugget ayam ini dapat anda konsumsi kembali untuk beberapa hari ke depan jika anda disimpan di lemari pendingin. Mari kita mulai langkah-langkah cara membuat nugget ayam.

Bahan Resep Nugget Ayam:

  • 500 gram daging ayam, giling/ cincang halus
  • minyak goreng
  • 5 lembar roti tawar tanpa pinggir
  • penyedap rasa ayam jika suka
  • air matang
  • 1 sdt garam
  • 2 butir telur
  • ½ sdt lada bubuk
  • 5 siung bawang putih, haluskan
  • 2 butir telur, kocok lepas
  • 150 gram
  • tepung roti

Cara membuat nugget ayam:

  1. Rendam roti tawar dalam air hingga lunak lalu peras dan campur dengan daging ayam, bawang putih halus, bumbu dan telur. Aduk hingga rata.
  2. Olesi loyang dengan minyak goreng, lalu masukkan adonan tersebut secara merata ke dalam loyang.
  3. Kukus adonan selama 20 menit lalu angkat dan tunggu hingga dingin.
  4. Setelah adonan cukup dingin, potong dengan bentuk sesuai selera dan elupkan ke dalam telur lalu gulingkan ke dalam tepung roti.

Simpan nugget ayam yang telah anda buat kedalam freezer ini bertujuan supaya nugget tahan lama untuk beberapa hari kedepan. Sebelum anda akan menyajikan nugget yang sudah anda buat, anda harus menggoreng nugget dengan menggunakan minyak goreng yang sudah dipanaskan sebelumnya dan kemudian goreng nugget hingga berwarna kuning keemasan.

Nugget adalah daging yang dicincang, kemudian diberi bumbu-bumbu (bawang putih, garam, bumbu penyedap, dan merica), dicetak dalam suatu wadah dan dikukus. Selanjutnya, adonan yang sudah dibuat kemudian didinginkan dan dipotong-potong atau dicetak dalam bentuk yang lebih kecil, kemudian adonan nugget yang sudah jadi dicelupkan dalam putih telur dan digulingkan ke dalam tepung panir sebelum anda goreng. Nugget ayam memiliki rasa yang lebih gurih daripada daging yang masih utuh.

Nugget termasuk ke dalam salah satu bentuk produk makanan beku siap saji, yang sebelumnya mengalami pemanasan hingga setengah matang kemudian nugget dibekukan. Produk beku siap saji ini memerlukan waktu pemanasan akhir yang cukup singkat untuk siap disajikan karena produk tinggal dipanaskan hingga matang. Pembuatan nugget memiliki lima tahapan, yaitu penggilingan yang disertai oleh pencampuran bumbu, es, bahan tambahan, pencetakan, pelapisan perekat tepung dan pelumuran tepung roti, penggorengan awal (pre-frying) dan pembekuan.

Penggilingan daging sebaiknya diusahakan pada suhu di bawah 15oC, yaitu dengan menambahkan es pada saat penggilingan daging. Pada saat daging ayam digiling sebaiknya dicampur dengan garam untuk mengekstrak aktomiosin sehingga akan terbentuk sebuah produk dengan stabilitas emulsi yang cukup baik. Air yang ditambahkan kedalam adonan nugget pada saat waktu penggilingan daging ayam adalah harus masih dalam keadaan bentuk serpihan es. Penambahan air ini bertujuan untuk melarutkan garam dan mendistribusikannya secara merata ke seluruh bagian massa daging.

News Feed