by

Berikut Ini Tips Mudah Cara Merawat Kuku Agar Terlihat Cantik dan Bersih!

Memiliki kuku yang cantik dan sehat tidak hanya akan menunjang penampilan saja. Namun beberapa orang tentu akan merasa percaya diri. Nah, oleh sebab itu maka kuku perlu dirawat agar tetap sehat, berkilau dan pastinya kuat. Lalu, bagaiman cara merawat kuku agar terlihat cantik dan bersih? Simak tips kecantikannya berikut ini!

Inilah Tips Mudah Cara Merawat Kuku Agar Terlihat Cantik dan Bersih

Seperti yang kita ketahui bahwa kuku merupakan salah satu bagian tubuh yang rentan menjadi tempat berkembangnya bakteri dan kuman. Oleh karena itu, maka diperlukan perawatan kuku yang tepat agar kuku anda terlihat cantik serta terhindar dari berbagai penyakit. Ingat terdapat beberapa penyakit yang penyebab umumnya berasal dari kotoran atau kuman yang berasal dari kuku.

Dikarenakan hal ini menjadi bagian yang sangat penting, simak tips kecantikan tentang cara merawat kuku agar terlihat cantik dan bersih:

  1. Potonglah Kuku Secara Teratur

Memotong kuku secara teratur tentu saja bisa membantu anda terhindar dari resiko kuku patah sehingga dipastikan kuku anda akan tetap kuat. Selain itu kuku yang panjang juga berisiko menyebabkan gangguan kesehatan. Ketika memotong kuku, usahakan untuk menggosokknya dengan lembut pada bagian tepi kuku agar tidak melukai kulit ketika bersentuhan.

  1. Pastikan Kuku Anda Selalu dalam Keadaan Bersih dan Kering

Selanjutnya pastikan kuku anda selalu dalam keadaan bersih dan kering. Hal ini tentu saja untuk mencegah infeksi bakteri serta jamur pada kuku anda. Keringkan kuku anda setelah mencuci tangan dan bersihkan sela-sela kuku dengan sikat yang lembut.

  1. Oleskan Pelembap Pada Kutikula

Cara merawat kuku agar tetap cantik dan sehat berikutnya yaitu jangan lupa untuk merawat bagian kutikula dengan memberikan pelembap. Namun pastikan jangan telalu berlebihan dalam merawat kutikula. Hindari mendorong ataupun mengupas kutitula karena hal ini bisa merusak serta membuat kuku anda terinfeksi bakteri atau jamur.

  1. Hindari Terlalu Sering Menggunakan Cat Kuku

Cat kuku pada dasarnya memang bisa mempercantik kuku anda. Namun pastikan penggunaannya perlu dibatasi. Penggunaan cat kuku secara terus menerus bisa membuat kuku anda menjadi rapuh. Untuk itu, berikan jeda waktu setidakya seminggu sebelum menggunakan kembali cat kuku. Hindari juga penggunaan pembersih cat kuku yang mengandung aseton karena hal ini bisa membuat kuku, kutila serta kulit sekitar kuku semakin kering.

  1. Pilihlah Salon Kuku yang Tepat

Jika anda memutuskan untuk melakukan perawatan kuku di salon. Maka pastikan pilihlah salon kuku yang tepat dan mininalnya sudah berlisensi dan terjaga kebersihannya. Hal tersebut penting untuk menghindari kemungkinan terjadinya infeksi bakteri serta jamur pada kuku  jika manikur pedikur tidak dilakukan dengan tepat.

  1. Konsumsilah Suplemen Biotin

Cara  merawat kuku agar tetap cantik dan sehat terakhir yaiu dengan mengkonsumsi suplemen biotin. Hal ini perlu anda perhatikan apalagi untuk anda yang memiliki kuku yang lemah dan rapuh. Namun dalam hal ini pastikan anda melakukan konsultasi terlebih dahulu.

Biotin merupakan vitamin B yang berfungsi untuk memperkuat rambut dan kuku serta membantu sistem saraf tubuh. Tida hanya dalam suplemen saja, biotin juga bisa ditemukan dalam telur, ikan sarden serta kacang-kacangan.

Nah itulah cara merawat kuku agar terlihat cantik dan sehat. Selain cara diatas, perawatan kuku cantik dan sehat juga bisa dilakukan dengan rutin meminum air pitih yang cukup serta menghentikan kebiasaan mengigit kuku. Demikian sekilas tentang tips kecantikan cara merawat kuku agar tetap cantik dan sehat. Semoga bermanfaat!

News Feed