by

Berikut Cara Pencegahan Virus Corona yang Bisa Anda Terapkan

-Kesehatan-303 views

Hal terbaik yang dapat Anda lakukan ketika di tengah pandemi virus corona sekarang ini adalah dengan melakukan langkah pencegahan yang dapat untuk mencegah diri Anda dan keluarga terutama agar tidak termasuk menjadi salah satu penderita virus ini. Sehingga peran Anda hanya cukup dengan memotong rantai persebaran agar tidak menambah pasien yang positif corona. Adapun cara yang dapat dilakukan juga mudah karena banyak cara langkah pencegahan yang bisa Anda lakukan. Misalnya saja beberapa cara yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut ini:

  • Sering mencuci tangan

Untuk cara pertama yang bisa Anda gunakan dalam mencegah penyebaran corona adalah dengan mencuci tangan. Hal yang terlihat sepele ini mempunyai banyak sekali kegunaan karena dapat memotong rantai penyebaran corona. Oleh karena itulah Anda tidak boleh untuk menyepelekan hal ini dengan mencuci tangan dengan sering-sering. Terutama ketika baru kembali dari rumah, ketika memegang barang, dan juga hal lainnya akan lebih baik untuk mencuci tangan. Bagi Anda yang sering memegang muka dengan tangan juga jangan lupa untuk mencuci tangan terlebih dahulu. Karena akan sangat berbahaya untuk memegang tangan menggunakan tangan yang masih kotor dan tidak dicuci. Oleh karena itulah Anda bisa melakukan kebiasaan cuci tangan dengan tepat yaitu dengan menggunakan air yang mengalir, mencuci tangan setidaknya selama 20 detik, dan jangan lupa menggunakan sabun.

  • Hindari kontak dengan orang sakit

Hal selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan menghindari kontak dengan orang yang sakit. Terutama bagi yang sakit dengan tanda-tanda infeksi corona seperti ketika mereka batuk, flu, dan juga demam. Lebih baik untuk menghindari kontak karena penyebaran virus ini yang sangat mudah. Oleh karena itulah lebih baik untuk tinggal di rumah sehingga lebih aman agar tidak melakukan kontak dengan banyak orang. Karena di saat seperti ini juga dianjurkan untuk tinggal sementara di rumah dan melakukan social distancing untuk dapat mencegah penyebaran virus corona.

  • Hindari kontak dengan hewan tertentu

Hal selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan menghindari kontak dengan hewan tertentu. Selain dari orang lain yang juga dapat membawa virus ini, beberapa hewan juga bisa untuk dihindari seperti misalnya bisa untuk menghindari untuk menyentuh hewan terutama unggas liar. Banyak yang berpendapat bahwa virus ini dibawa oleh kelelawar sehingga Anda akan lebih baik juga untuk menghindari hewan ini sama seperti menghindari unggas liar.

  • Membersihkan benda yang sering digunakan

Selain dengan mencuci tangan, hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah dengan membersihkan benda yang sering digunakan. Hal tersebut karena tangan Anda akan lebih mudah kotor sehingga hal tersebut juga membuat barang yang sering Anda gunakan akan lebih mudah kotor. Oleh karena itulah penting untuk melakukan sterilisasi untuk barang yang sering Anda gunakan. Misalnya saja bersihkan gagang pintu ketika Anda memegangnya dan juga bisa bersihkan handphone menggunakan hand sanitizer karena sering disentuh dengan tangan.

  • Jangan keluar rumah ketika sakit

Hal terakhir yang bisa diperhatikan sebagai salah satu langkah untuk menghindari penyebaran virus corona adalah dengan tidak keluar ketika sakit. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan agar tidak menularkan penyakit ini ke orang lain. Di rumah Anda bisa untuk melakukan upaya untuk mengurangi gejala corona yang dirasakan dengan berbagai cara yang bisa dilihat di situs Halodoc. Selain itu juga ada informasi lainnya mengenai covid-19 yang bisa Anda dapatkan di situs ini.

News Feed