by

Begini Cara Menjernihkan Air Kolam Renang yang Baik dan Benar Menurut Ahlinya

Cara menjernihkan air kolam renang sebenarnya tidak terlalu sulit, yang wajib kita ketahui untuk acuan dasar adalah bagaima karakteristik dari air kolam renang tersebut.

Karakter atau pun sifat kandungan di dalam air pun berbagai macam, mengetahui karakter air diawal perawatan akan membantu kita untuk menentukan takaran penggunaan chemical pada kolam renang.

Dengan mengetahui karakter air pada kolam renang, kita jadi tau chemical apa yang akan digunakan untuk menjernihkan kolam renang tersebut. Kandungan senyawa yang terkandung pada air, akan menjadi penentu untuk sebuah penjernihan air kolam.

Cara Menjernihkan Air Kolam Renang

Tidak sedikit para petugas perawatan kolam renang menghubugi saya. Baik itu melalui komentar blog ini, maupun berdiskusi di channel youtube kami.

Umumnya pertanyaannya seputar treatment air kolam renang. Tidak heran mereka berkonsultasi kepada kami, yang intinya agar mendapatkan petunjuk untuk menjernihkan air kolam renang mereka. Mereka ingin mengetahui cara praktis dalam menjernihkan kolam renang.

Saya akan ulas ketiga permasalahan air kolam renang tersebut, berikut tutorial cara mengatasi dan menjernihkan air kolam renang berdasarkan keluhan air. Keluhan yang umumnya terjadi diantaranya yaitu:

1. Air kolam renang berwarna hijau berlumut

Air kolam renang berwarna hijau dan berlumut sangatlah mudah diamati oleh kasat mata. Kita bisa melihat di dasar dan di dinding kolam renang banyak ditumbuhi lumut-lumut lembut. Dengan kondisi ini, dapat dipastikan bahwa kolam renang Anda mengalami kekurangan chemical.

Untuk menjernihkan air kolam renang ketika mendapati masalah seperti ini adalah menambahkan chemical yang berupa granular 90% kedalam kolam renang Anda. Jika Anda menanyakan berapa ukuran chemical yang harus digunakan untuk masalah tersebut?

Jawabannya. Itu semua tergantung dari luas kolam renang yang Anda miliki. Dan juga tingkat kerusakan pada air kolam renang tersebut.

2. Air kolam renang berwarna hijau bening

kondisi air kolam renang yang berwarna hijau bening, tidak ditumbuhi alga, tidak ada lumut di dasar dan di dinding kolam renang. Intinya dasar kolam renang terlihat jelas, bening akan tetapi airnya berwana kehijauan.

Jika Anda menjumpai hal itu, kemungkinan besar kandungan senyawa Seng (Zn) pada air kolam renang itu terlalu tinggi. Tingginya kadar seng tersebutlah yang membuat warna air kolam renang Anda berubah menjadi bening kehijauan.

3. Air kolam berwarna putih berkabut

Masalah air kolam yang berubah warna menjadi putih berkabut merupakan kejadian yang sering terjadi. Ini masalah yang paling umum ditemukan pada kolam renang pribadi maupun pada kolam renang umum.

Semua itu terjadi dikarenakan kekurangan kandungan chemical pada air kolam renang tersebut. Cara mengatasinya pun sama dengan masalah-masalah perubahan warna yang sebelumnya sudan saya ulas di atas.

Cara menjernihkan air kolam renang yang berubah warna menjadi keputihan dan berkabut yaitu dengan cara menambahkan granular 90% pada kolam renang tersebut. Anda wajib memantau kondisi perubahan warna air kolam renang Anda setelah menambahkan chemical granular.